Memeriksa Telapak Ban


Memeriksa Telapak Ban

Ada cara sederhana untuk memeriksa apakah telapak ban masih cukup tebal. Setiap ban untuk kendaraan penumpang, pengangkut barang berukuran kecil atau mobil komersial berukuran menengah selalu memiliki palang indikator keausan yang tercetak di telapaknya. Palang-palang ini terletak di dasar guratan telapak di beberapa lokasi pada ban. Jika ban sudah mengalami keausan sampai pada titik di mana palang-palang ini rata dengan telapak ban, maka itu berarti ban itu sudah harus diganti.

Keausan di bagian pinggir telapak ban: TEKANAN YANG TIDAK CUKUP

ban tampak seperti di foto ini, kemungkinan tekanan udara ban tidak mencukupi. Musuh terbesar sebuah ban adalah tekanan udara yang tidak cukup. Kondisi ini mengurangi usia telapak ban melalui keausan yang berlebihan di sudut-sudut luar atau bahu ban. Selain itu, ban-ban menjadi ekstra panas, dan ini akan mengurangi daya tahannya. Selain itu, karena tahanan bergulir semakin besar, pemakaian BBM menjadi lebih boros. Ban yang kempis membuat mobil harus bekerja lebih keras. Periksa tekanan udara dalam ban-ban Anda. Keausan yang tidak merata mungkin juga disebabkan kondisi suspensi mobil yang tidak laras atau masalah mekanis lainnya. Dealer-dealer Goodyear menyediakan jasa diagnostik dan reparasi yang profesional.

Keausan di bagian tengah telapak ban: BAN TERLALU KERAS

Kalau tekanan udara dalam ban terlalu tinggi, bagian tengah telapak ban menanggung hampir seluruh berat mobil dan muatannya dan menjadi aus lebih cepat daripada di bagian-bagian pinggir. Keausan yang tidak merata memperpendek usia ban. Periksalah ban-ban Anda secara teratur dan jaga agar tekanan udaranya pas. Keausan yang tidak merata juga dapat diakibatkan oleh ketidaklarasan atau masalah-masalah mekanis lainnya. Dealer Goodyear dapat menyediakan layanan diagnosa dan reparasi.

Gelembung-gelembung di telapak: BAN YANG SUDAH AUS

Gelembun (juga disebut cupping , dipping atau scalloping ) biasanya terjadi pada ban-ban depan, walaupun ban-ban belakang juga dapat mengalami gelembung. Penyebabnya adalah roda-roda yang tidak imbang atau suspensi maupun sistem stir yang sudah aus. Sekali lagi, dealer Goodyear bisa memberikan layanan diagnostik dan reparasi yang dikerjakan oleh ahlinya.

Pinggiran ban Anda aus dengan pola mirip mata gergaji. KETIDAKLARASAN

Apakah pinggiran-pinggiran ini mirip mata gergaji? Hal ini disebabkan gesekan ban yang tidak pas dengan permukaan Jalan. Solusinya adalah perimbangan keselarasan.
Kedalaman telapak ban penting bagi kinerja ban tersebut. Kalau Anda merasakan daya cengkeram berkurang di waktu hujan, mungkin ban-ban Anda tidak lagi mempunyai ketebalan telapak yang cukup di ban-ban Anda. Bila ketebalan telapak ban sudah tinggal 1/16 inci, maka ban tersebut sudah harus diganti.

Related Post